Hari ini, dilakukan skrinnng bersamaan di Ampel, Banyudono dan Kemusu

di posting pada: 10-06-2020 14:43



Sebagai respon terhadap di deteksinya kasus positif Covid-19, tim tracking melakukan pelacakan untuk menemukan kontak  erat pasien tersebut. Pelacakan di maksudkan untuk mencari sumber penularan Covid-19 serta untuk menemukan kemungkinan penyebaran covid-19 dari pasien yang dinyatakan positif. Tracking/ Pelacakan ini dilakukan segera setelah ditemukannya penderita Covid-19. 

Setiap penemuan satu kasus Covid-19 harus diakukan penanggulangan segera agar tidak terjadi penularan terhadap kontak penderita tersebut. Dalam melakukan pelacakan/tracking diharapkan dapat ditemukan semua kontak erat penderita, sehingga langkah tindak lanjut yang dilakukan akan menjadi tepat sasaran. Dari semua orang yang dideteksi menjadi kontak erat penderita, akan dilakukan skrining awal untuk mengetahui apakah ada indikasi penularan atau tidak. Skrining bisa silakukan dengan wawancara, dengan pengamatan atau dengan melakukan uji diagnostik cepat (RDT). 

Pada hari ini Selasa, 10 Juni 2020, telah dilakukan skrining terhadap kontak penderita positif Covid-19 di Kecamatan Ampel, Banyudono dan Andong. Di Kecamatan Banyudono dilakukan pemeriksaa rapid tes dan kontak erat dua penderita yaitu SM sebanyak 24 orang dan YP sebanyak 14 orang kontak erat. di Kecamatan Ampel juga dilakukan skrining dengan Rapid Test untuk penderita SI dan HA (034 dan 035) sebanyak 37 kontak. (T)